Resensi Novel Hidden Karya Asabell Audida Menilik Sisi Lain Bintang Idola

Annyeonghaseyo chingudeul. Kali ini aku balik lagi ngeblog, cuma ini pertama kalinya aku menulis resensi. Sebenarnya ini pun sebenarnya tugas yang diberikan Dosen mata kuliah Rangkuman Analisis Karya Sastra dan Ilmiah di Kampusku. Tapi, sekalian aja aku posting ulasan resensiku di akun blogku. Lumayan kan biar blogku ada faedahnya hehe. 

Oiya, ulasan resensi kali ini akan panjang lebar disertai tambahan unsur intrinsik dan ekstrinsiknya. Padahal resensi yang biasanya kamu lihat dan sering baca pada umumnya sebenarnya hanya berisi identitas buku, sinopsis, dan kelebihan dan kelemahan buku. Sedangkan yang aku ulas di sini sudah banyak tambahannya. Sekali lagi seperti yang sudah aku sebutkan, ini kan berdasarkan tugas kuliah dari Dosen di Kampusku. 

Yaudahlah cuss, semoga bermanfaat 🙏. Mohon maaf bila banyak kekurangannya, soalnya ini juga pertama kalinya aku menulis resensi novel.


1.       Identitas Buku

Judul Buku: Hidden
Judul Resensi: Menilik Sisi Lain Bintang Idola
Penulis: Asabell Audida
Penerbit: Romancious
Tahun Terbit: 2018
Jumlah Halaman: 400 hlm
Ukuran: 14 x 20 cm
Kover: Softcover
ISBN: 978-602-5406-57-7

2.       Sinopsis Novel Hidden

Bercerita tentang Hyun Gwen dan Ceye atau yang lebih dikenal sebagai Park Chan Yeon, yang berprofesi sebagai Idol. Salah satu anggota Boy Group music terkenal Korea Selatan bernama EXIT yang mempunyai banyak penggemar. Namun, disaat para wanita, semua orang bahkan keluarga Gwen sendiri sangat mengelu-elukan Ceye. Hyun Gwen malah benci mati-matian pada Ceye karena sebuah alasan yang ia sendiri tutup-tutupi. Sialnya bagi Gwen, orang yang paling dibencinya di dunia ini adalah suaminya sendiri, Park Chan Yeon. Tentu saja tidak ada yang tahu bahwa Ceye, Idol yang mempunyai banyak penggemar itu sudah menikah. Hanya keluarga inti kedua belah pihak yang mengetahui janji suci pernikahan tersebut.

Awal cerita dimulai dengan hebohnya media social dengan pengakuan curhatan Park Chan Yeon mengenai keputusannya yang ingin berhenti dari dunia yang telah membesarkan Namanya tersebut. Alasan terbesarnya menyatakan hak itu adalah karena Ceye merasa sudah pada tahap segalanya terasa berat menjadi seorang Idol. Mungkin ia memang sudah melewati masa trainee, dan memasuki masa puncak dalam karir bermusiknya. Tapi, kepopuleran semakin membuatnya merasa tertekan. Tentu saja Agensi Idea Entertainment yang menaunginya tidak bisa tinggal diam dan membantah pernyataan yang diunggah Ceye dengan gegabah tersebut. Pada akhirnya, karena keputusan Ceye itulah pihak Agensi menjadi memberi sedikit kelonggaran dengan membolehkan Ceye rehat sejenak. Ceye pun memilih pulang ke kampung halamannya di Boseong, yang mungkin sudah hampir ia lupakan karena tidak pulang selama tujuh tahun lamanya.

Selama itu pula, Ceye tidak pernah menghubungi keluarganya bahkan Gwen, istrinya. Ceye pulang seakan tanpa beban dan rasa bersalah sedikit pun. Ia bertemu keluarganya serta keluarga istrinya. Ia tetap disambut hangat oleh kedua keluarganya itu, kecuali Gwen tentunya yang masih menyimpan kebencian padanya. Selama di Boseong Gwen selalu bersikap acuh pada Ceye. Hingga akhirnya Gwen meminta bercerai. Ceye tidak bisa menuruti kemauan Gwen begitu saja. Akhirnya mereka membuat kesepakatan, agar kedua keluarga yang sudah bertetangga sejak dahulu dan bersahabat baik serta tidak ingin mengecewakan orang tua mereka atas perjodohan kedua keluarga tersebut. Akhirnya Ceye dan Gwen membuat kesepakatan, yaitu Ceye akan menceraikan Gwen setelah Gwen mau ikut Ceye kembali ke Seoul untuk beberapa saat, karena pekerjaan Ceye yang tidak bisa ditinggal lama dan masih banyak urusan yang belum ia selesaikan. Apalagi setelah kasus heboh di media social tentang pernyataannya.

Di sisi lain, ada side story yang menceritakan satu pasangan lainnya. Bong Jeon-Kook dan Ahn Sona. Bong Jeon-Kook adalah salah seorang anggota Boy Group Music Be The Best. Kisah mereka dimulai atas insiden Jeon-Kook yang memberikan gelang hadiah pemberian dari Sona pada Niana, dimana Sona di sini diceritakan sebagai Mahasiswa yang menjadi seorang penggemar Be The Best, khususnya Jeon-Kook. Niana sendiri adalah trainee yang sebentar lagi akan debut bersama anggota Girl Group-nya dan bernaung dibawah agensi yang sama. Karena rasa bersalahnya Jeon-Kook yang mengetahui bahwa penggemarnya, Sona kecewa atas tindakannya yang malah memberikan gelang pemberian dari penggemar pada Niana, wanita yang disukai Jeon-Kook. Ia pun atas persetujuan Managernya, membolehkan Sona untuk berjalan-jalan selama tiga hari dengan jeon-Kook dengan syarat tidak boleh memfoto atau menyebarkan kabar tersebut, semacam pertemuan antara penggemar. Namun, secara rahasia. Sona pun yang mengetahui dan mendengar ajakan tersebut senang bukan kepalang. Idola yang sangat ia senangi akan berjalan-jalan bersamanya.

Karena pertemuan-pertemuan itulah benih-benih cinta diantara mereka berdua mulai muncul. Terutama Jeon-Kook, yang kagum dengan kepribadian Sona yang rendah hati, baik, suka menolong, jujur, dan juga polos. Namun, tentu saja kisah cinta mereka tidak akan semudah itu diraih dan dijalani. Karena Jeon-Kook adalah seorang Idol. Apalagi seorang Idol di Korea Selatan haruslah bersih dari skandal berpacaran. Karena dapat menurunkan nilai popularitas dan kehilangan penggemar serta pihak agensi yang sudah pasti akan menentang habis-habisan.

Lalu, bagaimanakah kelanjutan kisah kedua pasangan dalam novel ini? Akan kah Ceye menepati janjinya akan menceraikan Gwen saat mereka akhirnya tinggal Bersama di Seoul? Apa alasan dibalik sikap Gwen yang sangat membenci Ceye? Dan akan kah Jeon-Kook dan Sona dapat Bersama? Lalu bagaimana dengan Niana?

3.       Kepengarangan

Asa Bellia Audida, akrab dengan nama pena Asabell Audida. Seorang penulis muda. Saat ini menetap di Makassar dan tahun 2018 ini baru saja menyandang gelar sarjana jurusan Sastra Inggris. Novel Hidden merupakan buku ke-4 yang telah diterbitkan, sekaligus menjadi buku pertama dengan nuansa Korea. Penulis mengaku baru menyukai hal-hal yang berbau K-Pop saat awal tahun 2018, lalu memutuskan menulis sesuatu yang berkesan dalam dunia K-Pop lewat karyanya.

4.       Bahasa Kepengarangan

Bahasa pengarang dalam Novel Hidden ini menggunakan Bahasa yang komunikatif, mudah dimengerti. Saat menggunakan Bahasa asing pun, di sini Bahasa Korea disertai maknanya dengan memberi tanda angka kecil setelah Bahasa asing yang diterjemahkan di bagian foot note. Sehingga, orang-orang yang tidak memahami Bahasa tersebut dapat mengerti artinya.

5.       Jenis Buku

Novel Hidden merupakan cerita fiksi bergenre romance anak muda. Menariknya pun novel ini berlatar dengan nuansa Korea Selatan. Saat membacanya pengarang seakan membawa pembaca pada dunia dalam drama korea romansa yang mungkin sering pembaca saksikan acaranya.

6.       Nilai Buku

Nilai buku yang dapat diambil dalam novel Hidden ini adalah mengajarkan tentang kerja keras yang tidak mengkhianati hasil. Bagaimana perjuangan dan sulitnya bertahan untuk menjadi seorang Idol. Tidak serta merta kepopuleran yang dicari. Balasan dari kepopuleran tersebut pun berimbas pada sulitnya para Idol bergerak. Karena segala sesuatunya akan selalau disorot dan Idol dituntut untuk selalu sempurna dimata para penggemar. Bagaimana cara melalui depresi yang terkadang dirasakan oleh para beberapa Idol, bagaimana cara mereka melewatinya. Persaingan dalam industri music yang kian ketat dan terus mencari popularitas serta menaiki tangga-tangga lagu dan penghargaan. Suka-duka menjadi seorang penggemar yang mengidolakan Idol-nya dari berbagai Negara yang tidak tinggal di Negara yang sama dengan sang Idol.

Pengarang berhasil memberi pengertian pada pembaca, bahwa K-Pop tidak hanya tentang menari di atas panggung. Joget-joget tidak karuan. Tetapi perjuangan untuk mencapai titik dikenal dunia serta music yang disukai penggemar yang setia memerlukan darah, keringat, dan air mata. Selain kisah percintaan yang mungkin lebih banyak dibahas dan menonjol dalam novel ini. Namun, pesan untuk tidak selalu memandang sebelah mata atas segala sesuatu. Cukup menohok dan berhasil sampai pada pembaca.

7.       Kelebihan dan Kekurangan

Bagi sebagian anak-anak muda yang saat ini tengah menggandrungi dunia Korea, terutama K-Pop. Akan menjadikan novel fiksi bergenre romance ini menjadi pilihan tepat untuk dibaca. Karena selain bacaannya yang erat kaitannya berlatar nuansa Korea, juga dipopulerkan dengan ilustrasi tokoh Idol aslinya. Pembaca yang membeli Novel Hidden ini pun mendapatkan banyak hadiah atau merchandise yaitu berupa dua buah poster Idol BTS dan EXO, serta empat photo card tokoh utama novel Hidden.

Novel Hidden ini pun sebenarnya diangkat dari aplikasi membaca online, yaitu Wattpad dan genrenya pun Fan-Fiksi awalnya. Jadi, pembaca yang sudah mengikuti Hidden dari awal pun pasti sudah menunggu-nunggu untuk diterbitkannya novel ini. Hingga tidak akan sayang untuk ikut langsung memiliki novel bentuk fisiknya. Dan tidak heran, jika novel ini sudah pasti lebih banyak diburu oleh anak-anak muda penggila K-Pop pula.

Bagi muda-mudi yang menyukai genre romansa akan sangat menyukai novel ini. Karena penulis berhasil mengajak pembaca ikut senyum-senyum sendiri karena terbawa perasaan berbunga-bunga saat membacanya. Apalagi tokoh-tokoh yang digambarkan divisualisasikan mempunyai paras yang tampan juga cantik. Benar-benar dunia penuh khayal yang sering digambarkan dalam drama-drama Korea.

Penulis juga berhasil menggolak perasaan pembaca untuk menggiringnya dari awalnya Jeon-Kook di sini dipasangkan dengan Niana. Namun, beralih karena pertemuan-pertemuan dan kisah yang lebih baper lagi Bersama Sona. Membuat pembaca ingin menjadi sosok tokoh Sona. Karena nasibnya seberuntung Sona sebagai seorang penggemar.

Tidak selalu percintaan yang dibahas, persahabatan tokoh Gwen dengan Sona pun di sini dapat mengharukan. Saat Gwen memukul Jeon-Kook karena telah  berlaku jahat, membuat Sona menangis dan bersedih.

Sayangnya, penggambaran deskripsi latar tempat bernuansa Korea masih kurang terasa. Karena hanya menyebutkan nama tempat, namun pendeskripsian tempat tersebut masih kurang.

Karena novel ini berdasarkan cerita Wattpad, dimana pasti beberapa orang sudah membacanya di aplikasi tersebut. Dimana banyak ilustrasi gambar tokoh yang lebih ditampilkan. Saat Jeon-Kook dan Sona sedang chatting, misalnya. Karena antusias pembaca yang membayangkan novel ini akan terbit dengan ilustrasi lucu dan menggemaskan, pembaca harus menelan pil pahit karena kenyataannya tidak begitu.

Saat membuka lembaran awalnya, ternyata font tulisan di novel ini berjarak spasi terlalu dekat. Membuat orang yang sudah minus matanya, bisa sedikit sakit saat membacanya karena seakan tulisannya harus muat 400 halaman dan dibuat dempet-dempet. Jadi, tampilannya cukup membosankan. Serta kesalahan yang mengganggu mata lainnya adalah masih ditemukannya beberapa kesalahan dalam PUEBI yang dapat lulus sunting begitu saja oleh pihak penerbit dan penyunting naskah.

Terlalu banyak deskripsi penggambaran dan kata-kata yang diulang bahasanya membuat pembaca bosan. Karena novel ini hanya berkaitan dengan Korea, pembaca yang tidak tertarik dengan nuansa Korea sepertinya tidak akan menarik untuk membaca novel ini.

8.       Keunikan Buku

Novel ini menjadi novel dengan penulis Indonesia namun menceritakan kehidupan di Korea Selatan dengan tokoh-tokoh Korea Selatan pula. Apalagi yang dibahas adalah mengenai K-Pop, perindustrian music Korea Selatan. Belum lagi, cerita ini adalah Fan-Fiksi, yaitu fiksi penggemar. Dimana tokoh visualisasinya adalah artis. Dan banyak hadiah-hadiah ekstra di dalamnya. Seperti mendapatkan dua poster boy group BTS dan EXO, serta photo card empat tokoh utama. Dan disertai pula Bahasa korea.

9.       Mengulas Manfaat

Novel Hidden sangat erat kaitannya dengan muda-mudi yang penuh emosi dan kelabilan. Dibalik semua sikap itu, meraih impian dan cita-cita tetap menjadi nomor satu. Selain kerja keras dan usaha, dibutuhkan pula. Hidup tidak selalu tentang percintaan memang.  Novel Hidden sangat cocok dibaca khususnya untuk penggemar K-Pop dan drama Korea. Pembaca yang tidak begitu menyukai atau tertarik pada dunia K-Pop pun tetap dapat mengambil pelajaran dari novel Hidden. 

10.   Kelengkapan

Novel Hidden merupakan cerita yang sudah lebih dulu dipublikasikan lewat Wattpad yang berhasil terbit menjadi buku novel berbentuk fisik. Apalagi novel yang mengusung cerita dengan nuansa Korea serta visualisasi tokoh-tokoh Idol ternama, menjadi novel yang sangat-sangat ditunggu kehadirannya. Pastinya ada beberapa tambahan yang menjadi bagain special yang hanya dituliskan dalam novel bentuk fisiknya saja. Agar pembaca pun tidak merasa rugi membeli novelnya, walau sudah membacanya pada versi Wattpad.

11.   Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik

a.       Unsur Intrinsik

1)      Tema

Novel Hidden menceritakan tentang para pemuda-pemudi yang hendak meraih mimpinya masing-masing disertai rintangan dan meraih cinta.

2)      Tokoh dan Penokohan

Menggambarkan tentang Ceye, yang sempat hampir putus asa dengan kehidupannya yang terlalu tertekan sebagai seorang Idol. Dimana akhirnya ia teringat tentang bagaimana akhirnya ia bias mencapai pada puncak popularitas sebagai seorang Idol. Ia seorang cuek diluar, dan pura-pura tidak peduli. Padahal ia hanya tidak tahu bagaimana cara menunjukkan perasaannya saja.

Begitupun Gwen, yang harus mau mengikuti perintah kedua orang tuanya untuk menjalankan pernikahan dengan Ceye karena sudah dijodohkan. Sedangkan Ceye yang sehabis menikah bias dengan leluasa keuar dari kampung halaman untuk meraih cita-citanya dengan menjadi trainee di Seoul untuk menjadi Idol. Ia terkurung di kampung halamannya, tidak melanjutkan kuliahnya karena perjodohan sialan itu. Gwen seorang yang baik hati sebenarnya, namun jika sudah menyangku membela teman dan disakiti. Ia tidak akan tinggal diam.

Ada Jeon-Kook, anggota termuda di Boy Group Be The Best. Dimana sejak usia belasan tahun ia sudah menjadi trainee, tinggal di asrama dan jauh dari orang tua. Tumbuh Bersama dengan anggota Be The Best lainnya. Hingga akhirnya ia melihat sosok tokoh Sona, seorang penggemar yang berhasil membuatnya kagum. Jeon-Kook merupakan sosok yang sebenarnya dapat melakukan apa saja untuk orang yang disayanginya. Sikapnya yang selalu lebih terbuka tentang perasaan kepada wanita disbanding anggota Be The Best lainnya.

Lalu Ahn Sona, seorang mahasiswa yang berkegiatan lain yaitu nge-fangirl. Ia mengidolakan Jeon-Kook dan anggota Be The Best lainnya. Walau ia mengidolakan Idol, tidak serta-merta membuatnya jadi lupa belajar. Ia tetap meraih mimpinya untuk menjadi translator yang berada di gate bandara. Ahn Sona gadis yang mandiri, baik hati, suka menolong, dan bertanggung jawab.

3)      Alur

Alur yang digunakan penulis adalah alur campuran, dimana penulis pada awalnya menyajikan ceritanya secara urut dan kemudian pada suatu waktu, penulis menceritakan kembali kisah masa lalu atau flash back. Tujuannya agar cerita tidak monoton dan menggali rasa penasaran pembaca.

4)      Gaya Bahasa

Gaya Bahasa yang dipakai oleh Penulis mudah dipahami. Bahasa asing yang beberapa kali muncul, diucapkan oleh tokoh di dalam novel pun dapat dipahami. Karena diberikan diabagian bawah foot note, terjemahannya. Selain agar pembaca yang tidak mengerti untuk dapat mengerti artinya. Hal itu pun berguna untuk pembaca bisa sedikit-sedikit belajar Bahasa Korea.

5)      Latar

Latar tempat yang digunakan sejak awal cerita dimulai hingga akhir adalah di Korea Selatan. Namun, berkisar dari Seoul ibu kota Negara tersebut. Boseong, sebagai kampung halaman Gwen dan Ceye. Di Tiongkok saat Jeon-Kook menyusul Niana untuk mengambil kembali gelang yang ia berikan. Dan Jepang, saat ada pertemuan projek iklan Ceye, menggantikan vakumnya beberapa hari Ceye sejak insiden pernyataannya yang sangat menghebohkan media social.

Latar waktu yang digunakan yaitu beberapa musim yang terkait dengan negara-negara tersebut.

6)      Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan penulis dalam novel ini adalah sudut pandang orang ketiga, yaitu pengamat serba tahu.

7)      Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel Hidden adalah untuk tidak selalu memandang sebelah mata pada segala seuatu. Bahwa setiap orang mempunyai alasan, mereka punya usaha dan bekerja keras untuk meraih mimpi.

b.      Unsur Ekstrinsik

Nilai budaya yang terlihat dalam novel ini sudah jelas berkebudayaan Korea Selatan. Dimana industry musik yang menonjol di sana adalah seorang yang ingin menjadi penyanyi harus menjalani trainee terlebih dahulu, mereka berlatih dance, vocal selama bertahun-tahun hingga dirasa oleh Agensinya bahwa mereka sudah berhak debut. Kerja keras dan usaha adalah menjadi nomer satu di perindustrian Korea. Masyarakat Korea juga sangat memperhatikan penampilan. Tidak heran jika seorang lelaki di sana menjadi model iklan masker atau kosmetik lainnya. Karena kosmetik dan skin care di Korea adalah suatu hal yang sangat umum dipakai, baik laki-laki maupun perempuan.

Budaya untuk menjadi nomor satu dan terbaik itulah yang terkadang mendorong perasaan depresi dan tertekan oleh banyak pihak. Dituntut untuk selalu tampil sempurna tanpa celah. Jadi, tidak heran jika artis Korea pun terpikirkan untuk melakukan bunuh diri. Ditambah negara tersebut juga tidak semuanya mengnaut kepercayaan.

Nilai social masyarakatnya pun berbeda dengan di Indonesia. Kebanyakan, bahkan rata-rata publik figure di Korea Selatan sangat menjaga image dan privasi mereka. Karena sekali mereka mendapat skandal, hujatan masyarakat Korea sangatlah kejam. Bisa-bisa seorang publik figur tersebut kehilangan pamor atau menurunnya  jumlah penggemarnya. Hanya karena berita atau skandal dating saja. maka dari itu, public figur di Korea jarang yang terlalu aktif di Media social. Selain hanya untuk menyapa penggemarnya saja.

12.   Latar Belakang Penulis

Asa Bellia Audida, akrab dengan nama pena Asabell Audida. Seorang penulis muda yang lahir di Kediri, 22 Maret 1996. Saat ini menetap di Makassar dan mengenyam Pendidikan di salah satu perguruan tinggi negeri, Universitas Hasanuddin Makassar, Fakultas Ilmu Budaya, Jurusan Sastra Inggris.  

Novel Hidden merupakan buku ke-4 yang telah diterbitkan, sekaligus menjadi buku pertama dengan nuansa Korea. Penulis mengaku baru menyukai hal-hal yang berbau K-Pop saat awal tahun 2018, lalu memutuskan menulis sesuatu yang berkesan dalam dunia K-Pop lewat karyanya.

Comments

Popular Posts