Save Me Review Drama Korea Bertema Kultus Sekte

Annyeonghaseyo chingudeul, akhirnya aku ngeblog lagi hehe. Kali ini sesuai judulnya nih dalam blog kali ini aku mau mengulas drama Korea berjudul Save Me. Bermula dari kegemaranku yang memang doyan banget nonton drakor tapi gak ada temen yang bisa diajak ngobrolin drakor. So, aku putuskan untuk menuliskan ulasan drama Korea yang sudah kutonton. Tadinya sih, aku mau drama Korea yang pertama kali akan aku ulas di blogku ini adalah drama Korea Mr. Sunshine. Bahkan sebenarnya sesudahnya aku menamatkan drakor Mr. Sunshine, aku sudah sempat menuliskan ulasannya di blogku dan masih terbengkalai hingga kini menjadi sebuah tulisan bertuliskan draft. Alasannya udah keburu mager mau nulis lanjutannya gara-gara sempat terhenti saat menulis. Jadi, moodnya keburu hilang. Emang dasarnya mageran banget gue hehe. 

Baiklah, langsung aja kita ulas yuk. 


Judul drama: Save Me (κ΅¬ν•΄μ€˜)
Genre: Thriller, Misteri
Sutradara: Kim Sung-Soo 
Penulis: Jung Shin-Kyoo 
Negara: Korea Selatan
Bahasa: Korea (ν•œκ΅­)
Jumlah Episode: 16
Distribusi: OCN
Tahun: 2017

Pemeran utama:
1. Seo Ye-Ji sebagai Im Sang-Mi
2. Ok TaecYeon sebagai Han Sang Hwan
3. Jo Sung-Ha sebagai Baek Jung-Ki 
4. Woo Do-Hwan sebagai Seok Dong Ceol 

Sinopsis: 
Seorang gadis dikelilingi oleh orang-orang yang mencurigakan dan dengan diam-diam berbisik, "Selamatkan aku!" di gang lingkungan yang gelap, dan beberapa pemuda menganggur mendengarnya dan lari menyelamatkannya. Mereka menemukan bahwa dia adalah pemuja aliran sesat dan mencoba membantunya.

Sinopsis di atas aku tuliskan berdasarkan sinopsis asli yang beredar di internet. Tapi, karena aku di sini mau mengulasnya kembali. Maka, akan aku ceritakan kembali lebih lengkapnya. So, sebelum kamu berlanjut membaca ulasan ini. Aku akan anggap pembaca di sini emang udah familiar ya dengan drakor, alias emang udah sering nonton drakor. Jadi, kalau ada istilah macem-macem atau hal lainnya aku jadi enak mengulasnya. Semacam aku hanya sedang bercerita pada kamu yang pencinta drama Korea dan sedang minta direkomendasikan menceritakan ulang drakor yang sudah kutonton. 


Check  this out!

Sebelumnya lagi nih, buat kamu yang pencinta drakor romance jangan berharap banyak dengan drama ini. Balik lagi, seperti yang Chingudeul tahu OCN emang selalu minim romance kalo soal drama. Tapi, dalam segi cerita? Duh, jangan ditanya. Selalu bikin penasaran dan betah nontonnya. Apalagi buat chingudeul yang memilih nonton drakor ini karena melihat pemerannya. Kalo aku pribadi sih, nonton Save Me karena penasaran katanya drama ini bakal ada season duanya. So, sebelum drama season 2-nya keluar, aku mau menyaksikan drama pertamanya dulu. Apalagi, pas dilihat-lihat lagi dari pemerannya ada salah satu aktor yang aku suka. Makin-makin deh penasaran. 

Oiya, aku juga mau peringatkan buat chingudeul, dalam menonton Save Me kuatkan iman aja. Siapa tau iman bisa goyah karena doktrin "misseummida"  dari Baek Jung-Ki dan pemimpin sekte di dalamnya haha. Enggak, enggak. Yang ini bercanda aja. Wkwk 
Pastinya selama aku nonton ini, aku gak berhenti-hentinya mengumpat kata "Gila!"  pada semua pengikut dan pemimpin aliran Guseonwon. Kultus mereka sesat dan membahayakan banget deh pokoknya. 

Cerita bermula saat Im Sang Mi dan keluarga sedang berada di dalam mobil bak dengan barang bawaan pindahannya, sedang saat itu cuaca sedang buruk-buruknya. Lagian aneh-aneh aja nih keluarga, milih pindahan dari Seoul tapi lagi hujan plus malem-malem gitu. Kalo gue sih ogah haha. Dan tiba-tiba apesnya lagi, di jalanan sepi gitu, ban mobil yang sedang mereka kendarai bocor pula. Kiri-kanan jalanan itu cuma ada pepohonan, kayak adegan di film-film horor gitulah pokoknya nuansanya. 

Akhirnya ada dua motor yang lewat, awalnya mereka melaju gitu aja. Tapi tiba-tiba mereka putar balik melihat mobil keluarga Sang Mi yang berhenti ditengah hujan. Bapak Sang Mi yang kita sebut aja bapak Im, dan ibunya yang sedang mengecek kondisi ban mobilnya di bawah payung yang menaungi keduanya, sedang Sang Mi dan Sang Jin (saudara kembar non-identik) masih duduk menunggu orang tuanya di dalam mobil. Melihat motor yang melaju melewati mereka tadi, bapak Im dan Istrinya khawatir gitu. Takut mereka adalah penjahat. Dan emang nuansanya kayak menyeramkan misterius gitu sih. Ternyata mereka adalah empat pemuda desa yang akan Sang Mi sekeluarga tempati. Btw, nama Desanya itu Muji.

Dan bisa nebak dong siapa empat pemuda itu? Yup, jelas banget dari poster dramanya juga udah dikasih tau. Mereka adalah empat sekawan asal Muji yaitu Sang Hwan (Taec-Yeon), Dong Cheol (Woo Do-Hwan),  Woo Jung Hoon (Lee David), dan Choi Man-Hee (Ha Hoe-Jung). Setelah kesalahpahaman teratasi, ternyata mereka orang-orang baik yang akhirnya membantu Bapak Im menelepon mobil petugas penderek. Saat mereka sedang mengobrol dengan Bapak Im dan Istrinya, mereka berempat pun sempat saling lirik dan menyadari keberadaan Im Sang Mi, gadis asal Seoul yang cantik di dalam mobil. 

Singkat cerita, diketahui bahwa ternyata Bapak Im kena tipu oleh temannya. Uang yang harusnya dapat ia pergunakan untuk membeli rumah untuk pindahan di Muji malah dipakai oleh temannya. Akhirnya, Sang Mi dan keluarga malah menempati rumah kecil dekat peternakan sapi. Dan di sanalah Baek Jung-Ki muncul, ia yang melihat Sang Mi dan keluarga tetap tertawa dan bahagia walau dalam keadaan kesulitan ekonomi, mungkin yang akhirnya menggerakkan hatinya untuk terus memperhatikan Sang Mi. Ya, awalnya itu yang terlintas dalam benakku. Sebelum kuketahui apa motif sebenarnya dari si bejat yang lebih dikenal dengan sebutan Bapak Rohani oleh para pengikut sektenya, Baek Jung-Ki.

Cerita makin seru saat akhirnya keluarga Sang Mi ditawari oleh Baek Jung-Ki sebuah tempat tinggal yang lebih layak. Jadi, ceritanya Bapak yang mengelola dan mempunyai peternakan sapi yang sekaligus menjadi bos barunya Bapak Im yang bekerja di peternakan itu ternyata salah satu pengikut kultus sekte Guseonwon. Bapak Im yang gak punya pilihan lain pun, agar anak-anaknya bisa sekolah juga akhirnya mengiyakan tawaran itu. Mereka pun pindah ke rumah yang lebih layak. Dan besoknya Sang Jin dan Sang Mi pun pergi ke sekolah. 

Menariknya di sini adalah, Sang Jin (Jang Yoo-Sang) kakak kembarnya Sang Mi digambarkan mempunyai kecacatan. Salah satu kakinya tidak dapat berfungsi dan digunakan untuk berjalan. Alhasil Sang Jin berjalan dengan kaki pincang. Karena hal itulah saat masuk sekolah Sang Jin dirundung oleh teman sekelasnya. Apalagi dengan sekelompok anak geng nakal di sekolah. Terdiri dari satu cowok sebagai pemimpin, dua cowok teman berandalannya, dan satu cewek yang gak kalah ngeselinnya. 

Singkat cerita lagi, karena sering dibuli oleh teman-temannya Sang Jin pun bunuh diri saat sedang dirundung oleh sekelompok anak berandalan di sekolah. Keadaannya saat itu, ada Sang Mi yang hendak membela Sang Jin dan juga Dong Cheol yang berkelahi dengan geng berandalan pembuli itu untuk menolong Sang Jin. Sebelumnya, Sang Mi sempat meminta bantuan pada Sang Hwan juga. Tapi, Sang Hwan teringat dengan perkataan Ayahnya yang ingin menyalonkan diri lagi sebagai Gubernur Muji dengan tujuan Ibu Sang Hwan yang terbaring di Rumah Sakit dapat kembali pulih. Dan memperingatkan Sang Hwan sebelumnya agar menghindari masalah, hingga pencalonan dan terpilihnya Ayahnya sebagai Gubernur nanti. Akhirnya Sang Hwan lebih memilih untuk tidak peduli dengan permintaan tolong dari Sang Mi.

Sejak kematian bunuh diri Sang Jin dari atap sekolah, benar-benar membawa banyak dampak buruk bagi kehidupan Sang Mi dan keluarga. Ibu Sang Mi yang tidak terima kematian anaknya dan jadi sedikit terganggu kewarasannya, Bapak Im yang akhirnya terhasut iming-iming kapal keselamatan menuju Surga oleh si Bapak Rohani, Baek Jung-Ki. Hingga akhirnya Sang Mi sekeluarga pindah ke Guseonwon. Serta Dong Cheol yang akhirnya di penjara. Pokoknya kalau melihat adegan ini, dimana yang berkuasa bisa bebas dan karena Ayah Dong Cheol bukan siapa-siapa hanya Dong Cheol yang dipenjara. Padahal yang menyebabkan kematian adalah si kelompok bedebah itu. Aku jadi teringat masalah yang akhir-akhir ini sempat hangat di Korea Selatan. Mengenai kasus Burning Sun. Dimana yang berkuasa bisa mengontrol segalanya. Dan drama ini banyak sekali mengangkat isu dan kasus tersebut. Bikin geleng-geleng kepala dan geregetan sendiri deh saat menontonnya.


Tiga tahun pun berlalu. Cerita makin seru di sini. Dimana mulai terlihat makin tidak beresnya kegiatan keagamaan Gereja Guseonwon serta orang-orang di dalamnya. Pembunuhan, kekerasan, pengikut Guseonwon yang tidak sadar telah dicuci otaknya oleh Baek Jung-Ki yang mengaku sebagai Bapak Rohani. Kalau dalam Islam mah, si Baek Jung-Ki ini semacam orang yang suka mengaku-ngaku sebagai Nabi terakhir gitu. Sebagai utusan Tuhan lah dan semacamnya. 

Padahal Guseonwon tidak lebih dari kultus pencucian otak, sebuah aliran sekte sesat yang mempekerjakan pengikutnya dengan kegiatan sukarelawan di dalam Guseonwon itu dan pada akhirnya Baek Jung-Ki dengan Jo Wan Tae, Kang Eun Shil, dan Jo Wan Duk memungut biaya dan sumbangan lainnya dari para pengikutnya dengan iming-iming mereka akan masuk surga dengan menaiki kapal keselamatan. Belum lagi, petinggi-petinggi Muji yang juga terlibat dalam pembangunan dan dana lainnya di Guseonwon. 

Dan yang lebih parahnya lagi. Baek Jung-Ki, si Bapak Rohani Guseonwon mengatasnamakan kapal keselamatan menuju Surga dengan cara memenuhi pernikahan spiritual. Dan tahu siapa yang ingin ia jadikan Bunda Rohani? Yup, Im Sang Mi cuy! Njirrr nih bapak-bapak bejat banget. Pengen nikahin perawan sok-sokan berdalih perintah Tuhan Yang Kuasa dengan cara pernikahan spiritual. 

Lalu, seperti yang diceritakan dalam sinopsis awal. Tiga tahun tak bersua, karena kecelakaan tak sengaja Sang Hwan dan dua temannya dipertemukan lagi dengan melihat Sang Mi yang berkata "Selamatkan Aku!" dalam gelapnya malam dari pencahayaan mobil yang melintas sekilas. Dan sejak saat itu, Sang Hwan bertekad. Kali ini ia tidak akan kabur lagi. Ia akan benar-benar menolong Sang Mi, jika memang yang dikatakan Sang Mi benar, ia butuh pertolongan dan dalam keadaan bahaya.

Kisah percintaan dalam drama ini seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya, memang sangat minim. Aku kira karena pemaiannya masih muda, bakal tetep ada cinta-cintaan segitiga gitu ya. Cuma, ya walaupun begitu sesuai genrenya sih. Thriller dan misteri, jadi wajar aja romancenya masih adalah secuil-cuil. Tapi, tetep cuy gak menjadikan nih drama ngebosenin samsek. Rasa penasaran yang semakin membuatku ingin menggali lebih dalam dan cepat-cepat menghabiskan dramanya karena penasaran dengan endingnya sangatlah seru. 

Bagian favoritku sebenarnya saat Dong Cheol alias Woo Do-Hwan menyamar jadi anak kuliahan lugu untuk bisa berpura-pura menjadi pengikut Guseonwon agar dapat menolong Sang Mi. Duh, makin gans aja dia tuh. Ehehe ketahuan kan, siapa pemeran yang aku suka yang kusebutkan sebelumnya.


Bahas Woo Do-Hwan sedikit, padahal drama dia yang pertama kutonton adalah drama Great Seducer. Tapi, aku masih belum terpukau dengan pesonanya. Nah, pas aku nonton drama Mad Dog, barulah aku sadar di sana dia keren banget soalnya. Mungkin karena karakter yang dibangun dalam dramanya juga kali ya. Jadi, memengaruhi juga. Padahal awal aku mau nonton drakor Mad Dog adalah karena lagi resep sama Ryu Hwa-Young hehe. Chingudeul suka gitu juga sih? Lagi pengen lihat aktor/aktris kesukaannya di drama tersebut, eh tapi kepincut juga dan malah terpesona sama aktor/aktris lainnya haha. Oiya, btw urutan dramanya emang seharusnya Save Me, Mad Dog, baru Great Seducer kalau sesuai tahun rilisnya mah. Cuma, ya namanya juga aku telat nonton haha.

Oke, back to drama Save Me. Nah, pesan moral yang dapat kita petik dari drama ini juga banyak. Selain ceritanya yang seru, bikin penasaran abis. Saat menonton drama Korea tuh, selain kita juga dapat belajar budaya, bahasa, dan kebiasaan mereka, banyak banget pesan tersirat yang disampaikan lewat drama. Kenapa aku lebih suka nonton drama Korea pun karena itu alasannya. Gak melulu karena Oppa, Ahjussi atau Eonni yang berwajah rupawan. Akting setiap pemainnya pun memukau dan berbakat. Bahkan untuk sekadar figuran di dalamnya pun, drama Korea gak pernah menyajikan asal pemain. Figurannya pun aktingnya bagus-bagus. Ini sebenernya berlaku untuk semua drama Korea ya. Jadi, terkadang suka gerah aku tuh denger mulut-mulut penghina kami, penyuka drakor.

Ada satu kutipan yang masih membekas banget dalam ingatanku dari drama Save Me ini. Saat adegan Bapak Sang Hwan, si Gubernur Muji sedang memancing di sebuah kolam gitu. Saat ia berhasil menangkap ikan dan bukannya dimasukkan ke dalam ember untuk dibawa pulang, ia malah memasukkan kembali ikan hasil tangkapannya itu ke dalam kolam tersebut. 

Lalu seorang Detektif yang ada di situ berceletuk, "Ternyata Bapak orang yang manusiawi juga." Kira-kira begitu perkataannya, maksudnya si Bapak Sang Hwan ini baik banget gak nangkep ikan itu dan malah melepaskan kembali ikan tersebut. Tapi yang mengejutkan dan hingga kini masih terekam dalam memoriku adalah jawaban sang Gubernur Muji itu. Katanya, "Aku menangkap ikan bukan untuk dibawa pulang untuk dimakan. Tapi, aku suka melihat ikan yang masih tetap berjuang hidup saat ia sedang menyangkut di kail." Kira-kira begitu bunyinya. 

Jadi, menurutku penulisnya keren aja sih. Makna yang aku tangkap, si bapak Sang Hwan ini suka melihat orang menderita. Atau makna lainnya juga bisa berarti ia suka memperhatikan orang yang berjuang hidup padahal tahu ia akan tetap mati. Rada dark sih maknanya. Jadi dalem banget gitu. Ya, itu sih balik lagi menurut pandanganku aja.


Oiya, aku juga suka persahabatan yang terjalin dari empat sekawan ini sih. Semuanya saling melengkapi, bahu-membahu, walau ada konflik antara Sang Hwan dengan Dong Cheol tapi akhirnya terselesaikan dengan cara mereka sendiri. Terus juga, ost. Dramanya enak-enak euy.

Dan gimana ending dari drama Save Me ini? Akankah Sang Hwan dan kawan-kawannya dapat menyelamatkan Sang Mi dari orang-orang sesat di Guseonwon atau tidak? 

Aku lebih suka gak ngasih tahu ending sebuah cerita, baik itu film, drama, atau novel sih. Karena sebenarnya aku pribadi tipe yang gak suka dispoiler haha. Cuma, kan balik lagi seperti yang disebutkan di atas ini kan review alias ulasan. Jadi, pada intinya adalah membahas, mengulas. Dan pasti banyak dari Chingudeul di sini juga bahkan sudah menamatkan dramanya. Tapi, untuk yang belum menontonnya. Silakan cari tahu jawabannya dengan menonton dramanya aja ya. Hehe.



Mungkin kusudahi saja ulasanku kali ini. Kalau chingudeul ingin menambahkan atau cerita bagian menarik lainnya bisa banget tulis di kolom komentar. Kita bahas drama Save Me bareng-bareng di sini. Apakah menurut chingudeul drama ini recommended atau tidak, atau mau curcol gantengnya Woo Do-Hwan kayak aku di sini juga boleh hahaha. Dengan senang hati, aku membaca cerita chingudeul. Sampai bertemu di tulisanku selanjutnya. Kamsahamnida. Annyeonghaseyo. 

*Bonus Pict*


Comments

  1. Saran aja, bkinn ulasan g usah detail bgt. Bikin muntah jadinya. Kesel kelamaan baca. Mending nonton lgsg. Gak faedah deh ini yg bkin ulasan. Belajar to the point g usah bertele2 ya. Mmbosankan!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar menghargai mba. Layaknya mau dihargai... Klo memang gk suka ya gk usah dibaca. Klo memang menurut mba yg penting point²nya aja. Ywdh baca aja point²nya, gk usah mengutarakan komen yg nyakitin. Kan kita gk tau perjuangan dia kya apa buat nulis blog ini.

      Delete
    2. Kalo dri awal berasa pengen muntah yaa gausah dibaca langsung keluar aja, lucu aja pengen muntah tpi dilanjut baca sampe abis wakakwkakakak

      Delete
    3. Caper lu.
      Btw makasih reviewnya mbak nur alawiyah, gausah dengerin manusia bacott kayak dia

      Delete
    4. Blognya sendiri, mau nulis model gimana kan terserah. Gak ada jg yg maksa buat baca. Aneh,, Wkwkwkk

      Delete
  2. Otw nonton kak sepertinya seru

    ReplyDelete
  3. Wah terima kasih karena kamu sudah menjadi teman satu actor favoritku mulai dari sekarang. Tunggu dulu, maksudnya mulai dari sekarang itu adl, aku mulai dari sekarang jatuh hati sama 'Woo Do-Hwan' dan ga lupa aku juga mau ber terima kasih karena kamu membuat otakku jadi lebih jelas setelah aku baru nonton eps 1 save me ini. Jujur awal aku deg2an ini genre apa ya ko gue bege ga liat genre nya. Asal main download2 ae mentang2 yg main Woo Do-Hwan' wkwkw tapi krn udah jatuh hati sama doi ya harus kudu banget nonton setiap acting doi sekalian belajar alur cerita dan kehidupan korea dari segi aspek dgn suguhan actor2 fav termasuk Woo Do-Hwan ini wkwkw btw aku jatuh hati kedua kalinya sama doi di drakor The Great Seducer kaa!!!❤ Salam kenal btw ya ka, aku Dara. Follow ig ku ya ka @daraayuni siapa tau bisa berteman baik karena 1 naungan ngefans sama Woo Do-HwanπŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Dara. Wuah, senang juga bisa berbagi Oppa hahah. Setuju banget sih, apalagi Woo Do Hwan di drama ini juga nunjukin banget pesonanya. Tonton juga drama Mad Dog, ka. Di sana pesona Do Hwan lebih bikin tumpeh-tumpeh. Kalo yang terbaru The King Eternal Monarch nih.

      Delete
  4. Wah kutipan itu juga yg bikin gua mrinding Bright, aseli psiko kali ya bapaknya....

    ReplyDelete
  5. Kalau nggak suka, jangan baca di sini. Pindah ke blog yang lain. Ini blognya dia,ini cara penulisannya dia, ini tipe tulisannya dia. Dia punya hak sebagai penulis dan dan sebagai penonton.
    Kamu kalau nggak suka cari yang lain, yang nggak belibet, yang to the point biar itu otak nggak ikut belibet karena kekurangan tempat saking kecilnya. Buat aja sono review sendiri. Muntah gih

    ReplyDelete
  6. Jdii makin penasaran akuu kalo kyk gini,tapi takutt aksksksks

    ReplyDelete
  7. Menurutku ni yaa makna dari kutipan si bapak gubernurnya tu dia suka ngelihat seseorang yang berusaha dengan keras walaupun mungkin takdirnya bukan lah ada ditangannya dia sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sebuah interpretasi yang menarik. Bisa juga tuh maknanya seperti itu. Tergantung persepsi kita bagaimana memaknainya sih. Nice. Makasih udah berbagi tanggapanny :)

      Delete
  8. hai kaa! aku tertarik bgt pengen nonton tapi takut kalo ada adegan berdarah darahnya:(((
    kalo ada adegan berdarahnya bisa spill separah apa buat aku ga? mau prepare hati sebelum nonton:( makasih sebelumnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingetku bagian berdarah-darahnya saat di ruangan tersembunyi di Guseonwon aja sih dan saat Dong Cheol and the gank nyerbu Guseonwon buat menyelamatkan Sang mI. Mukulinnya sih cukup parah dan lumayan berdarah-darah. Tapi, selain itu masih worth it buat ditonton. Kalo aku pribadi masih bisa mentolerir adegan kekerasan semacam itu. Antisipasi kalau kamu lagi dalam keadaan mood yang gak baik, jangan coba nonton deh. Soalnya nuansanya emang dark gitu, takut bikin kamu terpengaruh. Coba aja dulu satu episode, kalo cocok silakan lanjut :)

      Delete
  9. Udh dr lama ke skip film ini. Pengen nntn gegara si yg jd bapa surga itu sebelumnya main di K2, gatau knp umur segitu masih keren.
    Pas mo nntn masih jd org nyebelin. Ke skip. Trus skrng di tayangin di tvn. Eh jd nya malah nerusin yg ke skip.
    Nyari review sebenernya pengen tau ending nya, aku anak nya cari spoiler dlu baru nntn hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha gapapa sini aku bisikin spoiler endingnya

      Delete
  10. Ini happy ending nggak?? Nnti si so yea ji jadi sama siapa? Atau nggak jadi sama siapa"?? Penasaran nih πŸ˜… cman itu aja yg ingin aku tau... Hehehehe

    ReplyDelete
  11. lengkap bngtt ulasannya euyyy makashiii

    ReplyDelete
  12. curcol aahh.. abis nonton ini drama dan mau liat ulasan orang lain juga.. klo aku suka sih suka.. tapi ga terlalu wah.. jalan cerita yang terlalu panjang padahal mungkin bisa sedikit di ringkas.. masih ada beberapa yg gantung juga di hati.. soal bapaknya sanghwan, sama temen nya dongcheol yg jago berantem juga yg nyukurin rambut dia itu.. Maksudnya tuh, kaya pengen lebih mantep lagi gitu di akhir cerita.. Mikirnya misi akan kelar di ep-15 tapi ternyata masih blom.. kurang greget untuk akhirnya.. gemes banget tapi di episode awal sampe mungkin episode 5'an yaaa yg alur nya gitu2 terus.. sempet mau berhenti buat nonton.. tapi lagiii.. karna doo hwan dan seo ye ji.. πŸ˜‚ akupun tetep nonton..

    ReplyDelete
  13. Nyari review drama ini yg lengkap susah banget tapi untung ketemu blog ini πŸ˜‚ walaupun ga ada endingnya tapi gapapa makasih ya. Soalnya aku tipe orang yg mau tau endingnya dulu, kalo aku suka endingnya aku terusin nontonnya 🀣

    ReplyDelete
  14. Hai kak,
    Ku baca ulasan ini karena memang lg nonton dramanya. Mau cari tau maksud dari si sekte sesat ini tuh ngapain aja sih. Makasih ya atas ulasannya.
    Padahal mau cari tau ending nya juga, ternyata gak dapet :D hehe
    Tp gpp aku lanjut aja untuk nonton, bikin penasaran sih asli. Dan sumpah jahat nya gak tanggung tanggung ya, ngelebihin ekspektasi.

    ReplyDelete
  15. aku baru selesai dramanya, makanya aku langsung baca review dari kamu 😍😍😍 aku juga suka sama dong Cheol dan kirain aku sangmi ada loveline nya sama dong Cheol πŸ˜‚πŸ˜‚ bagian fav aku pas sangmi sang Hwan dan kawan2 ada dijembatan terus sangmi kaya kaget gitu ngeliat dong Cheol πŸ˜‚πŸ˜πŸ˜ tapi plot hole nya aku kepo banget sama mayat nya reporter sorin πŸ€”πŸ€”

    ReplyDelete
  16. sangmi sama dong Cheol nggak sih kasian dong Cheol😭🀣

    ReplyDelete
  17. Ini detail bgt sih
    Brguna bgi saya yg maju mundur mau lnjut nnton drama ini aps ngakkk
    Bru nntob eps 1-3 knpa blom seru" ya wkwkwkw
    Krna sblmnya nnton drma ocn jga yg the player itu eps 1 lngsung seru

    ReplyDelete
  18. part favorit kita sama eonni wkwk, pas dong cheol makek kacamata trus senyum aduhai

    ReplyDelete
  19. Favorit ku Im sang mi, di cantik banget pas di ending 😍😍😍

    ReplyDelete
  20. Itu endingnya han sang hwan dimana sih? Kepo banget itu dia dimana? Apa dia di penjara? Atau gimana sih? Yang tau tolong jawab ya, makasih:)

    ReplyDelete
  21. Hai mbak, seru banget baca review nya. Ya walaupun aku juga nonton save me nya telat banget 🀣🀣. Tiap liat bapak2 bejat itu apalagi yg rambut keriting ingin rasanya ku jambak mereka habis2an. Bikin kesel memang mereka tuh. Selain bikin kesel, drama ini juga bikin ngeri sama sekte sesat nya. Karena adanya unsur pencucian otak, pemaksaan kekerasan, ya cuma dikemas embel2 perahu keselamatan. Pengen tak getok aja rasanya 😭

    ReplyDelete
  22. Hay kakk wahh aku baru Nemu blog Kaka heheee kak aku baru mau nonton drama save me nihh tapi ragu2 kira2 ada adegan sadis nya gitu ga ya? Tapi klo cuma darah2 dikit sih aku its oke tapi klo yg ampe sadis bgt kayanya aku ga bisa hehee walopun aku telat baca blog Kaka semoga komen aku dibales makasihh love youuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku sih gak sadis yang sampai bunuh-bunuhan dikulitin atau apa. Kecuali dipukulin aja sampai berdarah gitu. Tapi, inti cerita yang buat drama ini dark tuh gak berfokus di bagian sadisnya sih menurutku. Coba deh rasain sensasinya sendiri dengan tonton dramanya. Makasih udah mampir:)

      Delete
    2. Menurutku sih gak sadis yang sampai bunuh-bunuhan dikulitin atau apa. Kecuali dipukulin aja sampai berdarah gitu. Tapi, inti cerita yang buat drama ini dark tuh gak berfokus di bagian sadisnya sih menurutku. Coba deh rasain sensasinya sendiri dengan tonton dramanya. Makasih udah mampir:)

      Delete

Post a Comment