Contoh RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas X Teks Biografi

Hai, teman-teman. Kali ini aku ngeblog karena ada tugas nih. Biar gak kosong melompong dan blog ini ada manfaatnya. Aku mau bagikan contoh RPP sederhana. Hitung-hitung aku udah buat tugas RPP dan blog ini ada sedikit faedahnya. Tapi, karena aku sendiri aslinya pun bukan guru, jadi mohon maaf kalau ada kesalahan atau kekeliruan ya. Semoga bermanfaat.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah             : SMA Nusa Harapan
Mata pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : X (Sepuluh)/ II (Dua)
Materi Pokok               : Teks Biografi
Alokasi Waktu             : 8 JP x 45 menit (2 pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
KI 3     Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,  prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan, kenegaraan,  dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 
KI 4     Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait  dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pembelajaran

Kompetensi Dasar
Indikator Pembelajaran
3.14 Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi.

3.14.1 Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karir, perjuangan) dalam biografi tokoh.
4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis.


4.14.1 Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam teks biografi.
4.14.2 Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.
3. 15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
3.15.1 Mendata pokok-pokok isi biografi dan ciri kebahasaan dalam teks biografi.
4. 15 Menyusun teks biografi tokoh.


4.15.1 Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalanan pendidikan, karir, perjuangan)
4.15.2 Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karir, perjuangan) dalam biografi tokoh.
2.      Siswa mampu menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam teks biografi.
3.      Siswa mampu memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.
4.      Siswa mampu mendata pokok-pokok isi biografi dan ciri kebahasaan dalam teks biografi.
5.      Siswa mampu menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalanan pendidikan, karir, perjuangan)
6.      Siswa mampu memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Pola penyajian cerita ulang (biografi)
2.      Hal-hal yang patut diteladani dari toko dalam biografi
3.      Unsur-unsur biografi:
a.       Orientasi: (identitas singkat tokoh)
b.      Rangkaian peristiwa dan masala yang dialami
c.       Reorientasi
4.      Kebahasaan biografi:
a.       Pronominal
b.      Pengacu dan yang diacu
c.       Konjungsi

E.     Metode Pembelajaran
Metode scientific (5 M)
1.      Mengamati (Observasing)
2.      Menanya (Questioning)
3.      Mengasosiasi/ Menalar (Associating)
4.      Mencoba (Experimenting)
5.      Mengomunikasikan

F.     Media Pembelajaran
1.      Contoh teks biografi
2.      Salindia materi
3.      Proyektor
4.      Lembar penilaian

G.    Sumber Belajar
1.      Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X, Kemendikbud 2017
2.      Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X, Kemendikbud 2017
3.      Buku Kumpulan Biografi

H.    Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama
Uraian Kegiatan
Metode Pembelajaran
A.    Pendahuluan (25 menit)
1)      Siswa merespons salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk, dan kerapian meja kursi.
2)      Guru mengecek kehadiran siswa.
3)      Kegiatan literasi: siswa diminta membaca buku bacaan yang mereka bawa dari rumah selama beberapa menit, lalu guru menanyakan tentang isi buku yang dibaca secara acak.
4)      Guru melakukan apersepsi.
5)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6)      Guru menyampaikan lingkup penilaian.






Mengasosiasi/Menalar

Mengomunikasikan







Mengamati, Menalar
Mengamati


Mengamati
B.     Inti (135 menit)
1)      Siswa membaca dengan cermat teks biografi: Ir. Soekarno dengan bimbingan guru.
2)      Siswa mencermati salindia yang ditayangkan guru.
3)      Siswa mengajukan pertanyaan.
4)      Secara berkelompok siswa menganalisis isi biografi yang terdapat dalam teks biografi: Ir. Soekarno.
5)      Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil analisis mereka.
6)      Kelompok lain memberikan tanggapan.

Mengamati



Mengamati

Menanya

Mencoba, Menalar



Mengomunikasikan


Mengomunkasikan
C.    Penutup (10 menit)
1)      Guru memfasilitasi siswa menyampaikan simpulan pembelajaran.
2)      Guru bersama siswa melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran khususnya kekurangan.
3)      Guru menyampaikan umpan balik.
4)      Guru menyampaikan tugas kepada siswa (jika ada).
5)      Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. 

Mengomunikasikan, Menalar


2.      Pertemuan Kedua
Uraian Kegiatan
Metode Pembelajaran
A.    Pendahuluan (25 menit)
1)      Siswa merespons salam, berdoa bersama, mengecek kebersihan sekitar tempat duduk, dan kerapian meja kursi.
2)      Guru mengecek kehadiran siswa.
3)      Kegiatan literasi: siswa diminta membaca buku bacaan yang mereka bawa dari rumah selama beberapa menit, lalu guru menanyakan tentang isi buku yang dibaca secara acak.
4)      Guru melakukan apersepsi.
5)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6)      Guru menyampaikan lingkup penilaian.






Mengasosiasi/Menalar

Mengomunikasikan





Mengamati, Menalar

Mengamati


Mengamati
B.     Inti (135 menit)
1)      Siswa membaca dengan cermat teks biografi: Ir. Soekarno.
2)      Siswa mencermati salindia yang ditayangkan guru.
3)      Siswa mengajukan pertanyaan.
4)      Siswa menuliskan teks biografi sesuai dengan unsur-unsur dan kebahasaan biografi serta dengan gaya bahasa masing-masing individu.
5)      Siswa menceritakan hasil tulisan teks biografi mereka.
6)      Siswa  lain memberikan tanggapan.

Mengamati


Mengamati

Menanya

Mencoba





Mengomunikasikan


Mengomunikasikan
C.    Penutup (10 menit)
1)      Guru memfasilitasi siswa menyampaikan simpulan pembelajaran.
2)      Guru bersama siswa melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran khususnya kekurangan.
3)      Guru menyampaikan umpan balik.
4)      Guru menyampaikan tugas kepada siswa (jika ada).
5)      Guru menyampaikan informasi tentang materi pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. 

Mengomunikasikan, Menalar

D.    Penilaian
a.      Pertemuan Pertama
1.      Analisislah perjalanan pendidikan, karier, dan perjuangan yang terdapat dalam teks biografi Ir. Soekarno!
2.      Analisislah hal-hal yang patut diteladani dari tokoh biografi yang terdapat dalam teks biografi Ir. Soekarno!
3.      Analisislah unsur-unsur biografi yang terdapat dalam teks biografi Ir. Soekarno!
4.      Analisislah kebahasaan biografi yang terdapat dalam teks biografi Ir. Soekarno!
5.      Analisislah keseluruhan isi teks biografi Ir. Soekarno!
Kriteria Penilaian
Nomor Soal
Skor
1
0 - 20
2
0 - 20
3
0 - 20
4
0 - 20
5
0 - 20
Skor Total
0 - 100

b.      Pertemuan Kedua
Masing-masing individu menuliskan contoh teks biografi lalu menceritakannya di depan teman-teman dengan kalimat mereka sendiri!

Kriteria Penilaian
Aspek
Skor
Keutuhan teks biografi
0 – 20
Pilihan Kata
0 – 20
Intonasi
0 – 20
Artikulasi
0 – 20
Volume Suara
0 – 20
Skor Total
0 – 100


Mengetahui,                                                                            Depok, 13 Mei 2019

Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran

Comments