Contoh RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas X Teks Biografi
Hai, teman-teman. Kali ini aku ngeblog karena ada tugas nih. Biar gak kosong melompong dan blog ini ada manfaatnya. Aku mau bagikan contoh RPP sederhana. Hitung-hitung aku udah buat tugas RPP dan blog ini ada sedikit faedahnya. Tapi, karena aku sendiri aslinya pun bukan guru, jadi mohon maaf kalau ada kesalahan atau kekeliruan ya. Semoga bermanfaat.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Nusa Harapan
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ II (Dua)
Materi Pokok : Teks Biografi
Alokasi Waktu : 8 JP x 45 menit (2 pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pembelajaran
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pembelajaran
|
3.14 Menilai
hal yang dapat diteladani dari teks biografi.
|
3.14.1
Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karir,
perjuangan) dalam biografi tokoh.
|
4.14
Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat
dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis.
|
4.14.1
Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang
tertuang dalam teks biografi.
4.14.2
Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau
kelompok lain.
|
3. 15
Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
|
3.15.1 Mendata
pokok-pokok isi biografi dan ciri kebahasaan dalam teks biografi.
|
4. 15 Menyusun
teks biografi tokoh.
|
4.15.1 Menulis
teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalanan
pendidikan, karir, perjuangan)
4.15.2
Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis
teman.
|
C. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
mampu mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karir,
perjuangan) dalam biografi tokoh.
2. Siswa
mampu menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang
tertuang dalam teks biografi.
3. Siswa
mampu memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman
atau kelompok lain.
4. Siswa
mampu mendata pokok-pokok isi biografi dan ciri kebahasaan dalam teks biografi.
5. Siswa
mampu menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain:
perjalanan pendidikan, karir, perjuangan)
6. Siswa
mampu memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang
ditulis teman.
D. Materi Pembelajaran
1. Pola
penyajian cerita ulang (biografi)
2. Hal-hal
yang patut diteladani dari toko dalam biografi
3. Unsur-unsur
biografi:
a. Orientasi:
(identitas singkat tokoh)
b. Rangkaian
peristiwa dan masala yang dialami
c. Reorientasi
4. Kebahasaan
biografi:
a. Pronominal
b. Pengacu
dan yang diacu
c. Konjungsi
E. Metode Pembelajaran
Metode
scientific (5 M)
1. Mengamati
(Observasing)
2. Menanya
(Questioning)
3. Mengasosiasi/
Menalar (Associating)
4. Mencoba
(Experimenting)
5. Mengomunikasikan
F. Media Pembelajaran
1. Contoh
teks biografi
2. Salindia
materi
3. Proyektor
4. Lembar
penilaian
G. Sumber Belajar
1. Buku
Guru Bahasa Indonesia Kelas X, Kemendikbud 2017
2. Buku
Siswa Bahasa Indonesia Kelas X, Kemendikbud 2017
3. Buku
Kumpulan Biografi
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan
Pertama
Uraian Kegiatan
|
Metode Pembelajaran
|
A. Pendahuluan (25 menit)
1)
Siswa merespons salam, berdoa bersama, mengecek
kebersihan sekitar tempat duduk, dan kerapian meja kursi.
2)
Guru mengecek kehadiran siswa.
3)
Kegiatan literasi: siswa diminta membaca buku
bacaan yang mereka bawa dari rumah selama beberapa menit, lalu guru
menanyakan tentang isi buku yang dibaca secara acak.
4)
Guru melakukan apersepsi.
5)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
6)
Guru menyampaikan lingkup penilaian.
|
Mengasosiasi/Menalar
Mengomunikasikan
Mengamati,
Menalar
Mengamati
Mengamati
|
B. Inti (135 menit)
1)
Siswa membaca dengan cermat teks biografi: Ir.
Soekarno dengan bimbingan guru.
2)
Siswa mencermati salindia yang ditayangkan guru.
3)
Siswa mengajukan pertanyaan.
4)
Secara berkelompok siswa menganalisis isi biografi
yang terdapat dalam teks biografi: Ir. Soekarno.
5)
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil
analisis mereka.
6)
Kelompok lain memberikan tanggapan.
|
Mengamati
Mengamati
Menanya
Mencoba,
Menalar
Mengomunikasikan
Mengomunkasikan
|
C. Penutup (10 menit)
1)
Guru memfasilitasi siswa menyampaikan simpulan
pembelajaran.
2)
Guru bersama siswa melakukan evaluasi kegiatan
pembelajaran khususnya kekurangan.
3)
Guru menyampaikan umpan balik.
4)
Guru menyampaikan tugas kepada siswa (jika ada).
5)
Guru menyampaikan informasi tentang materi
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
Mengomunikasikan,
Menalar
|
2.
Pertemuan
Kedua
Uraian Kegiatan
|
Metode Pembelajaran
|
A. Pendahuluan (25 menit)
1)
Siswa merespons salam, berdoa bersama, mengecek
kebersihan sekitar tempat duduk, dan kerapian meja kursi.
2)
Guru mengecek kehadiran siswa.
3)
Kegiatan literasi: siswa diminta membaca buku
bacaan yang mereka bawa dari rumah selama beberapa menit, lalu guru
menanyakan tentang isi buku yang dibaca secara acak.
4)
Guru melakukan apersepsi.
5)
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
6)
Guru menyampaikan lingkup penilaian.
|
Mengasosiasi/Menalar
Mengomunikasikan
Mengamati,
Menalar
Mengamati
Mengamati
|
B. Inti (135 menit)
1)
Siswa membaca dengan cermat teks biografi: Ir.
Soekarno.
2)
Siswa mencermati salindia yang ditayangkan guru.
3)
Siswa mengajukan pertanyaan.
4)
Siswa menuliskan teks biografi sesuai dengan
unsur-unsur dan kebahasaan biografi serta dengan gaya bahasa masing-masing
individu.
5)
Siswa menceritakan hasil tulisan teks biografi
mereka.
6)
Siswa lain
memberikan tanggapan.
|
Mengamati
Mengamati
Menanya
Mencoba
Mengomunikasikan
Mengomunikasikan
|
C. Penutup (10 menit)
1)
Guru memfasilitasi siswa menyampaikan simpulan
pembelajaran.
2)
Guru bersama siswa melakukan evaluasi kegiatan
pembelajaran khususnya kekurangan.
3)
Guru menyampaikan umpan balik.
4)
Guru menyampaikan tugas kepada siswa (jika ada).
5)
Guru menyampaikan informasi tentang materi
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
Mengomunikasikan,
Menalar
|
D. Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama
1. Analisislah
perjalanan pendidikan, karier, dan perjuangan yang terdapat dalam teks biografi
Ir. Soekarno!
2. Analisislah
hal-hal yang patut diteladani dari tokoh biografi yang terdapat dalam teks
biografi Ir. Soekarno!
3. Analisislah
unsur-unsur biografi yang terdapat dalam teks biografi Ir. Soekarno!
4. Analisislah
kebahasaan biografi yang terdapat dalam teks biografi Ir. Soekarno!
5. Analisislah
keseluruhan isi teks biografi Ir. Soekarno!
Kriteria
Penilaian
Nomor Soal
|
Skor
|
1
|
0 - 20
|
2
|
0 - 20
|
3
|
0 - 20
|
4
|
0 - 20
|
5
|
0 - 20
|
Skor Total
|
0 - 100
|
b.
Pertemuan
Kedua
Masing-masing
individu menuliskan contoh teks biografi lalu menceritakannya di depan
teman-teman dengan kalimat mereka sendiri!
Kriteria Penilaian
Aspek
|
Skor
|
Keutuhan teks
biografi
|
0 – 20
|
Pilihan Kata
|
0 – 20
|
Intonasi
|
0 – 20
|
Artikulasi
|
0 – 20
|
Volume Suara
|
0 – 20
|
Skor Total
|
0 – 100
|
Mengetahui, Depok, 13 Mei 2019
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Comments
Post a Comment