When The Weather is Fine Review Drama Korea Pencinta Buku





Drama Korea yang punya judul panjang ini adalah drama korea yang diangkat dari novel karya Lee Do Woo loh. Makanya, nuansa drama ini bakal cocok banget buat kamu yang pencinta novel juga. Selama aku menonton drama ini perasaan hangat dan menenangkan menjalariku. Rasanya adem aja gitu nontonnya. 


Drama ini diperankan oleh:
Seo Kang Joon sebagai Lim Eun Seob
Park Min Young sebagai Mok Hae Won 
Lee Jae Wook sebagai Lee Jang Woo
Yang Hye Ji sebagai Ji Eun Sil

Ceritanya diawal mungkin terasa sangat sederhana. Mok Hae Won yang tidak tahan hidup di ibukota Korea Selatan memutuskan pulkam. Dimana dulu saat SMA ia juga pernah tinggal lama di sana. 

Ternyata ceritanya gak hanya itu, dibalik kisah masa kininya. Ada masa lalu kelam yang menimpa kehidupan keluarga Mok Hae Won. Alur ceritanya jadi maju mundur dan menarik untuk diikuti karena penasaran dengan kisah masa lalunya. 

Akting Seo Kang Joon sebagai Eun Seob yang pendiam, yang diam-diam juga mencintai Hae Won sejak lama. Tapi, bagi Hae Won ia sempat terbesit rasa iri melihat kehangatan keluarga Eun Seop yang berbeda jauh dengan kehidupan keluarganya. Menariknya buatku adalah Eun Seop tuh tipe cowok yang punya toko buku yang bertetanggaan dengan Rumah Hodu--tempat tinggal Hae Won--dan punya hobi membaca pastinya dan menulis di blognya. Dalam tulisannya ia menamai Hae Won sebagai Irene. Tulisan-tulisannya membuatku ikut tersenyum membacanya dan saat mendengarkan kisahnya. 


Yang lebih menarik perhatianku sebenarnya ini sangat subjektif sih, Lee Jae Wook bikin gemesh banget tolongggg. Aktingnya yang berbeda 180° dari drama sebelumnya yang ia bintangi, dimana ia jadi cowok dingin di sini dia memerankan karakter yang cerewet tapi lucu. Ya, kalau kamu udah nonton Extraordinary You pasti tau banget lah karakter dia gimana. 

Pokoknya drama ini gak jauh-jauh dari dunia perbukuan. Dimana bibi Hae Won yang juga adalah seorang penulis terkenal pada masanya yang mengasuh Hae Won sejak peristiwa pembunuhan di rumahnya dahulu. Ibu Hae Won yang dipenjara karena pengakuannya yang telah membunuh suaminya sendiri. Hal itu pula lah yang membuat Hae Won melalui masa SMA nya dengan sulit karena dirundung. Tapi, apa benar yang telah membunuh Ayahnya Hae Won adalah ibunya sendiri? Tapi mengapa? Kamu bakal menemukan jawaban ceritanya dengan menonton drama ini hingga akhir. 

Kalo ini mungkin akan sedikit trigger. Menurut opiniku, dibanding drama Romance Bonus is a Book yang diperankan Lee Jong Suk, dari segi cerita tentang perbukuan drama When The Weather is Fine masih lebih baik. Ya... Ya.. Ya... aku tahu ini beda genre. Tapi, persamaannya hanya temanya buku. Romance Bonus a Book lebih ke percetakan buku kalau When The Weather is Fine lebih tentang cerita buku itu sendiri. 

Yang buat aku bilang drama ini sangat kurekomendasikan untuk kalian pencinta buku adalah dalam drama ini selain toko buku yang dijalankan Eun Seop, masyarakat di sana juga mengadakan komunitas membaca buku dan menceritakannya di sebuah perkumpulan mereka. Cerita-cerita yang mereka ceritakan membuatku mengenal banyak cerita dan puisi yang mereka bacakan. Rasanya seru aja kayak didongengin gitu. 

Gak hanya komunitas buku itu yang membuat kota ini hangat. Sangat jelas digambarkan dalam drama ini karena kota mereka bukan kota besar, berita sekecil apapun dapat cepat menyebar dari mulut ke mulut. Tapi, itu yang buat terasa banget hidup di kampung. 

Lalu, bertahan sampai kapankah Hae Won tinggal di kampung halamannya dari menghindari hiruk pikuk ibukota? Tonton deh dramanya sampai tamat. Ya, drama ini sudah tayang sejak Februari dan berakhir 16 episode pada April 2020. Kalau menurut kamu yang sudah menonton drama ini gimana? Apa kamu merasakan hal yang sama saat menonton drama ini? Atau mau cerita keseruan yang gak aku ungkapkan dari drama ini silakan tulis di kolom komentar ya. 

Aku akhiri, sampai bertemu di review drama koreaku lainnya. Kamsahamida. 

Annyeong! 

Comments