Belajar Melihat Sesuatu dari Sisi Positif

Hai, saat aku menulis ini rasanya ini hanya akan berisi curhatan aja. Iya, curhatan dimana aku ingin menuangkan rasa bahagiaku sekaligus apa yang hanya terpendam dalam benak. 

Hari ini sudah sebulan lebih aku bekerja. Iya, bekerja. Eh, di unggahanku sebelumnya aku sudah mengatakan bahwa aku sudah bekerja belum sih? Yah, pokoknya banyak hal positif juga negatif dari aku yang sudah merasakan bekerja.

Tapi, mari aku ungkapkan mengapa aku bilang ada hal negatifnya. 

Pertama, bekerja itu gak selalu enak.
Oh, jelas ini mah ya. Yang namanya kerja siapa sih yang gak ngerasain capek? Mesti bangun pagi grasak-grusuk dan pulang sore, belum lagi kalau ada jadwal kuliah mesti pulang malem pastinya. Capeknya kebangetan. Rasanya pulang-pulang pengen langsung rebahan di kasur tanpa mau peduli rumah masih berantakan atau enggak. Alhasil, pakaian yang mesti disetrika dan segudang pekerjaan rumah lainnya jadi ditunda dan menumpuk. Pagi-pagi jadi mesti gercep nyelesaiin semuanya. Cuapeknya double begete.

Belum lagi namanya kerjaan, kalau punya partner udah pasti ngadepin orang tuh gak selalu enak. Kadang dia yang lagi bad mood lah. Kadang aku yang lagi bad mood lah. Pasti ada aja sifat dia yang bikin kita kesel atau selisih paham. Begitu pun sebaliknya, aku dipandangannya. 

Kedua, bekerja bukan di bidang keahlian
Ditambah, aku juga mengajar yang bukan mata pelajaran yang aku kuasai. Jelas dong, aku kan kuliah prodi bahasa Indonesia. Tapi, mata pelajaran yang aku ajarkan malah seni budaya. Sulit? Oh, udah pasti awalnya. Aku mesti reversibel baca-baca buku seni budaya lagi. Memahami materi yang aku burem banget soal itu.

Tapi, tapi, tapi..... 
Dari itu semua. Aku mau mengambil hal-hal positif yang bisa aku ambil dari bekerja di sana.

Pertama, Aku bisa beli barang yang aku mau semauku. 
Gaji pertama, aku langsung beli paket buku cuy. Aku emang udah ngidam banget buku itu sejak tau buku tersebut terbit. Dan akhirnya bisa beli dong!! Itu tuh kayak impian jadi nyata gitu loh. Biasanya aku cuma bisa beli buku paling mahal 25000. Sekarang aku beli buku yang sepaket 150000. Gila gak tuh perbandingannya? HAHA. Tapi, aku happy!!!

Kedua, banyak pelajaran yang bisa aku teladani. 
Pengalaman saat ngajar pertama. Uh, deg-degannya minta ampun. Takut salah. Bingung ngejelasin materinya bagaimana. Banyak kekurangannya deh pokoknya. Tapi, sampai detik ini pun aku masih belajar untuk bisa lebih baik lagi setiap harinya selama mengajar.

Belum lagi, karena aku bekerja di sekolah yang berlabel agama. Udah pasti dong, kecipratan suka baca quran, solat selalu ada yang jadi teladanku, dan makin inget Allah. Ya, subhanallah alhamdulillah gitu.

Dan yang pertama aku rasakan saat bekerja di sana. Orang yang menggajiku pun baiknya minta ampun. Mau izin ada urusan kuliah gak masuk kerja dulu, apa-apanya gak dipersulit. Walau ada mungkin beberapa minusnya yang gak bisa aku sebutkan di sini.

Tapi, aku makin yakin. Allah itu maha baik. Tahu gak sih, doa apa yang selalu aku panjatkan di sepertiga malam selain tentang jodoh, rejeki, amal ibadah, dan kepribadian? Yup, pekerjaan. Aku selalu minta sama Allah. Kalaupun aku gak jadi guru, jadikanlah aku bisa bekerja yang kerjaannya depan komputer. Ngetik-ngetik, rasanya lebih mudah buatku gitu. Dan alhamdulillah, kerja ngetik-ngetik dapet, mengajar pun dapet. Gimana Allah gak Maha baik coba?

Satu lagi, Aku bisa ngasih orang tuaku uang. 
Huhu rasanya bagian ini ingin menangis. Emang sih, semenjak bekerja aku belum pulang-pulang ke Bekasi lagi. Tapi, aku udah nyisihin sebagian gajiku untuk aku kasih ke orang tuaku. Itu mah udah jadi impianku sejak awal ingin bekerja. Ya karena ingin ngasih orang tua uang. Rasanya ingin aku aja yang mulai gantian biayain adikku sekolah. Tapi, mungkin belum masaku. Gajiku masih belum seberapa. Seenggaknya, aku mau bantu orang tuaku. Semoga bisa tercapai. Amin. 

Comments